Jumat, 31 Desember 2010

BuddyFix, Aplikasi Jejaring Sosial Berbagi Lokasi


BuddyFix adalah layanan jejaring sosial berbagi lokasi yang dikembangkan secara open source. BuddyFix memungkinkan Anda, teman-teman Anda dan keluarga untuk tetap terhubung dengan mudah dan terlihat. Anda dapat menemukan (fix) lokasi teman Anda (di mana & kapan) dan mulai ngobrol dengan satu atau beberapa penerima. Ini menunjukkan potensi bagaimana sebuah aplikasi mobile terbaik harus memanfaatkan fitur lokasi dan sosial di platform bada.

Untuk menggunakan layanan BuddyFix, Anda memerlukan akun Samsung dan profil basic dari diri Anda. Anda dapat dengan mudah mengatur semua ini saat pertama kali memulai aplikasi BuddyFix. Setelah Anda sign in, Anda dapat memilih More > Profile dari menu Option (terletak di bagian bawah layar) untuk memperbarui profil Anda setiap saat. Anda dapat menggunakan pilihan Buddies untuk menelusuri, menambahkan, mencari teman atau membalas undangan yang masuk dari orang lain. Anda dapat mencari teman baru dengan nama mereka atau ID login mereka. Setelah Anda menambahkan beberapa teman ke daftar Anda, undangan akan secara otomatis dikirimkan kepada mereka. Anda akan mulai menerima informasi lokasi mereka setelah mereka telah mengkonfirmasi undangan dari Anda.



Fitur Lokasi (Location)


Informasi lokasi yang ditampilkan pada buddy list adalah jendela informasi yang menunjukkan jarak antara lokasi Anda saat ini dan lokasi teman Anda. String waktu (misalnya "2h49m ago") berarti jarak ini dilaporkan dari server sejak 2 jam dan 49 menit yang lalu. Bila Anda menerima informasi lokasi baru dari teman Anda melalui server, waktu akan diatur ulang ke waktu yang baru. Anda dapat mengklik setiap item pada daftar untuk lebih cepat dalam menemukan teman Anda di tengah peta. Lokasi Anda akan ditampilkan dengan pin merah dan lokasi teman Anda akan ditampilkan dengan pin biru.




Fitur Buddy


Berdasarkan pilihan Buddies, Anda akan memiliki 5 tab yang berbeda Group , Add , Search , Incoming Invites dan Hystory. Anda juga dapat menambahkan teman-teman baru dari buku telepon Anda atau server bada. Jika Anda memilih kontak dari buku telepon, BuddyFix secara otomatis akan mencari buddy menurut informasi yang diperolehnya dari buku telepon, seperti nama, email atau nomor telepon. Cara ini akan menggabungkan semuayang cocok di bawah group list. Ikon name menunjukkan hasilnya cocok dengan nama kontak, ikon email menunjukkan hasilnya cocok dengan alamat email kontak, dan ikon phone number menunjukkan hasilnya cocok dengan nomor telepon kontak.




Fitur Pesan (Messaging)


Anda dapat mengirim pesan teks ke satu atau beberapa teman dan memberitahu mereka kapan dan di mana untuk bertemu. Pesan itu bekerja dalam gaya percakapan secara threaded. Anda dapat memberikan topik / subjek untuk percakapan Anda. Penerima juga bisa membalas percakapan individu untuk semua peserta. Anda dapat menggunakan opsi Setting untuk mengatur seberapa sering Anda ingin menerima pesan dari teman-teman Anda.


BuddyFix saat ini sudah tersedia secara gratis di Samsung Apps untuk perangkat bada 1.2. Menurut pengembangnya, yaitu  Cheng Luo yang juga merupakan anggota dari pengembang platform bada, aplikasi ini hanya bisa berjalan di perangkat bada yang sudah menjalankan bada versi 1.2 keatas. Karena saat ini hanya Samsung Wave II yang sudah menjalankan bada 1.2, maka untuk seri Wave yang lain terpaksa harus menunggu untuk diupgrade terlebih dulu ke OS bada 1.2.


Berikut ini video review BuddyFix dari kanal YouTube bada Indonesia:


=== Fitur Baru untuk v2.0.1 (update 12 Maret 2011) ===

+ Kirim lokasi Anda melalui SMS/MMS
+ Posting lokasi Anda ke dinding Facebook teman-teman Anda secara pribadi
+ Pesan baru/pemberitahuan undangan
+ Berbagi lokasi dengan perangkat non-bada


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar