Selasa, 07 Desember 2010

Bagaimana asal muasal Platform bada?


Setelah Samsung mengumumkan kehadiran platform bada, banyak dari para pengembang dan analis yang mencoba untuk mencari tahu untuk lebih jelasnya. Meskipun sudah diluncurkan pada awal Desember tahun lalu di London, tapi banyak juga yang masih tidak bisa berhenti untuk mencari tahu tentang hal ini. Dan berikut ini adalah beberapa fakta yang bisa kita temukan tentang asal muasal dari platform bada.

Bada adalah platform yang dikembangkan dari Nucleus RTOS

Menurut ROA Group, sebuah perusahaan konsultan industri mobile, bada adalah sebuah platform yang dibentuk berdasarkan dari sistem operasi Nucleus, yang merupakan sebuah "Real-Time OS (RTOS)" yang dikembangkan oleh Mento Graphics. Samsung telah memperbaharui kontrak lisensi dari Nucleus OS dengan AT Korea, reseller dari Mento Graphics, pada bulan Desember tahun kemarin. Samsung telah meningkatkan kinerja RTOS dan juga kerangka UI nya untuk mengaktifkan instalasi dan pengoperasian dari aplikasi.

Memiliki kemampuan untuk mengubah Featurephone menjadi Smartphone Samsung sebenarnya telah menggunakan OS Nucleus pada beberapa ponsel layar sentuhnya seperti S8003 Jet. Ada beberapa keuntungan buat Samsung dalam menggunakan OS ini, yaitu adanya dukungan multitasking serta memiliki kemampuan untuk menjalankan TouchWiz UI dengan sempurna.

Salah satu petinggi dari Samsung menyebutkan bahwa "perangkat yang berjalan diatas platform bada bisa dikategorikan sebagai smartphone, meskipun awalnya bukan diciptakan sebagai smartphone" dan "akan banyak perangkat bada yang akan mulai ditampilkan mulai tahun ini."

Hal ini setidaknya menegaskan prediksi bahwa Samsung yang sebelumnya menguasai pangsa pasar ponsel layar sentuh memang ingin mengubah semua featurephone nya menjadi smartphone, sehingga akan memiliki potensi untuk menghasilkan hingga ratusan juta ponsel yang beroperasi dengan menggunakan platform bada mulai tahun ini. Potensi ini jelas akan membuka banyak pintu kesempatan bagi pengembang yang ingin menjangkau pasar yang jauh lebih luas lagi.

Sekilas kelebihan Nucleus RTOS

Berikut ini beberapa poin penting tentang teknologi yang ada di Nucleus RTOS:
  • Real-time Operating System (RTOS) adalah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk aplikasi-aplikasi real-time
  • Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C/C++
  • Pengembangan dilakukan pada "host machine" yang menjalankan Linux atau Windows
  • Untuk pembatasan sistem memori, Nucleus OS dapat diskala untuk footprint terkecil hingga 13KB yang telah mencakup untuk kode dan data
  • FAT file system

Bila poin-poin diatas kita hubungkan dengan platform bada kelihatan banyak yang cocok. Kelebihan Nucleus RTOS yang dimungkinkan untuk membuat aplikasi kompleks dengan besaran file yang sangat kecil sangat menguntungkan bagi platform bada untuk menerapkannya di smartphone yang berharga sangat murah karena tidak memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi.

Meskipun bada ini dikembangkan dengan menempatkan aplikasi pada RTOS dan UI framework, tapi karena fleksibilitasnya yang tinggi maka kernel bisa diganti dengan Linux. Samsung juga telah menambahkan berbagai upaya untuk menjadikannya sebagai sebuah platform terbuka dan menawarkan fleksibilitas untuk melaksanakan berbagai fungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar