Jumat, 16 Agustus 2013

Samsung gandeng Soribada luncurkan Samsung Music bulan depan


Soribada baru saja menandatangani kesepakatan untuk memasok sumber musik ke Samsung Electronics yang dijadwalkan akan meluncurkan Samsung Music pada bulan September mendatang. Samsung Music adalah layanan musik yang termasuk didalam toko konten "Samsung Hub" yang sudah terinstal di semua smartphone Samsung.

"Soribada telah dikonfirmasi sebagai agen untuk Samsung Music, dan Samsung menetapkan 10 September 10 sebagai tanggal peluncuran," kata seorang pejabat industri di Korea.

Samsung Music yang awalnya direncanakan akan dimulai pada bulan Juni, mengalami kesulitan mendapatkan kontrak sumber musik sehingga terus mengalami penundaan. Pada awalnya, Samsung ingin menerima sumber musik dari KT Music, namun negosiasi batal di tengah jalan karena masalah tarik ulur harga layanan musik yang diminta kedua belah pihak. Samsung Electronics kemudian mencari penyedia layanan musik lain.

"Bisnis musik sangat tidak menguntungkan. Samsung Electronics meminta biaya rendah sehingga penyedia layanan musik tidak bisa bergandengan tangan dengan Samsung," kata seorang pejabat industri musik. "Penyedia layanan musik lainnya kecuali Soribada tidak bisa menandatangani kontrak dengan Samsung."

Setelah bertahun-tahun tertinggal dalam persaingan dengan rivalnya yang berafiliasi dengan perusahaan besar, Soribada diprediksi kali ini akan habis-habisan untuk menemukan jalan keluarnya sendiri melalui diversifikasi saluran distribusi, termasuk dengan Facebook dan Amazon.

Para ahli memprediksi bahwa masuknya Samsung Electronics ke pasar musik akan bisa memperburuk persaingan, karena Samsung pasti akan menambahkannya secara gratis di semua perangkat buatannya. Namun sisi positifnya pasar musik Korea atau Kpop akan semakin tumbuh pesat.

Sehubungan dengan hal ini, Samsung Electronics menolak untuk mengkonfirmasi peluncuran Samsung Music. Sementara Soribada mengatakan bahwa pihaknya tidak berkepentingan untuk mengungkapkan ini ke publik karena bukan produk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar