Kamis, 28 Juli 2011

Gangstar: West Coast Hustle, Perjalanan Misi Seorang Gangster


Gameloft bisa dibilang sangat terinspirasi oleh game PC/konsol populer Grand Theft Auto (GTA) dalam membuat Gangstar: West Coast Hustle ini. Awalnya mereka menghadirkannya dalam format J2ME untuk ponsel-ponsel Java (featurephone), tapi seiring dengan hadirnya smartphone gaming seperti iPhone dan Samsung Wave II, Gameloft telah merombak total dalam menghadirkan versi HD. Grafis 2D ala konsol Nintendo Gameboy di versi J2ME telah sepenuhnya diganti dengan kota 3D yang lengkap dengan mobil, pejalan kaki, dan banyak kesempatan untuk melakukan kejahatan.

Gameplay dari game ini ada dalam misi di setiap potongan ceritanya, dan itu cukup banyak mencapai 50 misi berbeda yang menggabungkan unsur laga maupun balap mobil. Anda mendapatkan misi, menyelesaikannya, kemudian bertemu kontak baru yang juga akan memberi Anda misi berikutnya. Selama cerita Anda akan bertemu dengan banyak karakter yang berbeda, dimulai dengan anggota geng Meksiko dan secara bertahap diperluas dengan memasukkan karakter mafia, yakuza, dan politisi.


Game ini mengambil setting kota Los Angeles yang cukup besar, dan tata letak jalan yang cukup lebar untuk mengemudi pada kecepatan tinggi. Disepanjang jalan Anda juga akan menemui berbagai mobil berbeda yang bisa dicuri dan masing-masing memiliki permainan kecil yang terkait didalamnya. Misalnya, mencuri mobil pengantar burger akan memberi Anda tantangan untuk mengantarkan burger secepat mungkin ke pelanggan, mencuri mobil ambulans akan mengharuskan Anda untuk secepat mungkin mengantarkan pasien ke rumah sakit, atau mencuri taksi akan memberikan tantangan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Mirip sekali dengan GTA dan hampir tidak ada terobosan baru dari Gameloft.


Di luar mobil, gerakan Anda dapat dikontrol melalui joystick di sebelah kiri dan tombol di sebelah kanan untuk menyerang, cukup dengan menyentuh target untuk menguncinya. Bila Anda berada di dekat mobil, tombol lain akan muncul yang memungkinkan Anda untuk mencurinya. Ada tiga pilihan untuk kemudi. Secara default, mobil dikendalikan melalui akselerometer, sehingga Anda cukup memiringkan ponsel ke kiri atau kanan. Kontrol waktu mengendarai mobil ini sangat mirip dengan game racing Asphalt yang juga buatan Gameloft, jadi Anda tidak akan perlu waktu lama untuk menyesuaikan diri. Sebuah peta mini akan memandu Anda ke tujuan yang berbeda.


Sebagian besar misi saya yakin dapat Anda selesaikan dalam waktu yang singkat, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin santai sejenak di sela-sela belajar/bekerja tanpa harus menamatkan game ini dalam satu waktu. Layar menu sangat nyaman, karena memungkinkan Anda untuk memulai misi apapun tanpa harus berkendara sampai ke penanda, ini bisa menghemat banyak waktu mengemudi yang kadang cukup membosankan. Anda juga dapat membeli kesehatan, senjata, maupun menyuap Polisi secara langsung dari menu dalam game dengan mudah, bahkan dengan persenjataan yang layak kita juga dapat mengalahkan Polisi dengan mudah, yang kadang-kadang kurang memberi tantangan seperti layaknya pada GTA di PC. Semakin tinggi status “wanted” Anda karena banyak melakukan banyak kejahatan hanya akan mengakibatkan status wanted Anda lama berkurangnya, Polisi tidak pernah semakin bernafsu menangkap Anda seperti pada GTA.


Secara grafis, Gangstar: West Coast Hustle terlihat cukup standar untuk game bada yang memiliki predikat HD, terutama dalam penggambaran karakternya, tapi untuk tekstur latar belakang terlihat cukup detil. Untuk audio dilengkapi dengan stasiun radio yang bisa Anda dengarkan untuk hiburan karena kadang-kadang berisi omongan dan iklan yang konyol. Anda juga dapat membuat playlist sendiri disini untuk lagu-lagu favorit yang menemani sepanjang permainan.


Game ini terus terang tidak membosankan walaupun sering diulang bila sudah tamat, karena bisa dimainkan secara penuh maupun sepenggal-sepenggal dengan puluhan misi dan aksi yang berbeda dan kompleks, sehingga bisa jadi akan menghuni smartphone bada Anda dalam waktu yang cukup lama. Pengguna smartphone bada 1.2 bisa membeli aplikasi ini dari Samsung Apps sekarang juga.


.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

di level blackmail market cara ngezoom kameranya gimana?

Posting Komentar