Selasa, 15 Februari 2011

Samsung mengumumkan bada 2.0 saat bada Developer Day MWC 2011


Samsung baru saja mengumumkan versi terbaru dari platform bada dalam acara bada Developer Day yang diadakan disela-sela perhelatan akbar kongres mobile sedunia (MWC) 2011 yang diadakan di Barcelona, Spanyol. Platform bada 2.0 menjanjikan serangkaian pembaruan yang membawa dukungan untuk Near Field Communication (NFC), aplikasi berbasis web dengan HTML5, JavaScript Framework dan WAC, penerapan sistem multitasking yang lebih kompleks, user interface baru yang lebih hidup, diantaranya dengan adanya animasi flash lock-screen, fitur pengenalan suara, Adobe Flash Lite 4 (Adobe Flash Player 10), Open AL 3D Sound, Music Hub, Game Hub, dan masih banyak lagi.


Dengan berbagai  fitur ini, Samsung mengklaim bahwa platform buatannya yang baru diresmikan setahun yang lalu di Mobile World Congress 2010 ini akan "mampu tampil di tingkat tertinggi dalam persaingan dengan platform smartphone lainnya yang lebih dulu populer", seperti Apple iOS maupun Google Android. Sementara untuk WAC yang merupakan singkatan dari Wholesale Applications Community, adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk menciptakan sebuah platform aplikasi terbuka untuk berbagai perangkat mobile terbuka seperti yang menjalankan platform bada ini.


Platform bada saat ini tampaknya memang telah diterima dengan baik oleh para pengguna smartphone. "Kami sangat senang dengan keberhasilan dari platform bada," kata JK Shin, presiden dan kepala dari Samsung Mobile Communications Business dalam pernyataannya. Sebanyak 5 juta smartphone bada telah terjual selama 2010 dan 10 juta lagi ditargetkan untuk terjual pada paruh pertama 2010 dengan mengandalkan lebih banyak lagi dukungan media sosial di dalamnya. Sementara 80 juta kali aplikasi bada telah diunduh dari Samsung Apps oleh para pengguna smartphone bada di lebih dari 118 negara.

Ke depan, Samsung akan membuat ekosistem dengan SDK (Software Development Kit) baru yang memungkinkan para pengembang bekerja di sistem operasi yang berbeda pada PC, termasuk Windows OS, Mac OS dan Linux OS, serta akses untuk sebuah kode analisa yang lebih maju dan simulator yang lebih cepat.  Sementara untuk platform bada 2.0 sendiri diharapkan untuk dirilis pada kuartal kedua 2010. Selama bada Developer Day berlangsung para peserta bisa mencoba game baru seperti Angry Birds pada perangkat Samsung Wave II. Ikut dipamerkan juga perangkat bada yang baru, Samsung Wave 578 yang sudah dilengkapi chip NFC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar