Minggu, 30 Januari 2011

Samsung Wave, Ponsel Paling Berharga Selama 2010


Situs populer Mobile-Review baru-baru ini memberikan penghargaan ponsel terbaik 2010 untuk berbagai kategori. Tidak seperti penghargaan lain yang kategorinya terlalu banyak sehingga kadang-kadang membuat sulit bagi konsumen untuk memilih ponsel yang membutuhkan perhatian, Mobile-Review hanya mengikuti aturan sederhana dengan memberikan penghargaan hanya untuk model terbaik yang ditawarkan. Mereka berusaha untuk memecahkan masalah dan hanya mencakup solusi yang paling menarik.

Selama tahun 2010 Mobile-Review telah menguji 314 model ponsel GSM/3G  (meningkat dibandingkan 247 pada tahun sebelumnya), namun hanya segelintir ponsel yang beruntung untuk mendapatkan review secara penuh. Semua kesimpulan didasarkan pada pengalaman di kehidupan nyata dan bukan pada spesifikasi "diatas kertas". Begitu juga ketika memutuskan siapa pemenangnya juga didasarkan pada kebutuhan konsumen yang membeli ponsel dengan uang sehingga mereka layak mendapat produk yang bernilai.

Singkatnya kategori pemenang adalah sebagai berikut:
  • Bestseller – business or image phones with the best features possible.
  • Value for money – and ideal combination of features.
  • Mass appeal and innovations – popular models with unique selling points in particular segments.
  • Image – fashionable and status models.

Singkatnya kategori “bestseller” adalah ponsel terbaik dari semua fitur tanpa memandang soal harga, dan biasanya adalah untuk ponsel-ponsel high-end yang berharga sangat mahal. Yang kedua adalah “value for money” yang dinilai oleh para pakar dari berbagai bidang yang khusus menilai ponsel mana yang benar-benar berharga untuk dibeli. Dengan kata lain terbaik dari berbagai segi tetapi memiliki harga yang tidak memberatkan konsumen. Yang ketiga kategori “mass appeal and innovations” untuk ponsel dengan inovasi terbaik yang layak untuk dimiliki konsumen yang menginginkan keunggulan khusus yang tidak/jarang dimiliki ponsel lain. Yang terakhir adalah kategori “image” untuk ponsel-ponsel yang memiliki desain terbaik untuk gaya hidup dan bisa meningkatkan status sosial penggunanya.

Pemenang kategori best seller adalah Apple iPhone 4 yang tidak terbantahkan adalah ponsel terlaris 2010 walaupun harganya termasuk sangat mahal. Untuk value for money adalah Samsung Wave, mass appeal and innovations jatuh ke Samsung B2710 Xcover yang memiliki keunggulan tahan debu, air, goncangan dan situasi ekstrem lainnya. Yang menjadi keunggulan lainnya adalah baterai yang sangat awet (bisa sampai sebulan), fitur multimedia yang cukup lengkap walaupun bukan yang terbaik dan yang terpenting adalah harganya yang termasuk sangat murah. Sedangkan yang terakhir untuk kategori image lagi-lagi dimenangkan oleh Apple iphone 4. Ya, dengan ponsel yang satu ini dijamin Anda akan selalu tidak tertinggal dalam soal gaya hidup terkini dan bisa meningkatkan status sosial Anda secara instan. Pemenang lainnya bisa dilihat disini.


Yang menarik bagi saya dan tentunya sebagian besar konsumen adalah kategori value for money karena ini sesuai dengan prinsip ekonomi paling mendasar, yaitu mengeluarkan biaya seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil/barang yang semaksimal mungkin.


Produsen asal Korea secara tradisional kuat di segmen ini. Mereka selalu menawarkan lebih banyak fitur untuk jumlah uang yang lebih rendah. Pada tahun 2010 kita menemukan Samsung S8500 Wave yang hampir tidak dapat dikalahkan oleh ponsel saingan manapun termasuk ponsel lain yang dikembangkan oleh Samsung sendiri. Samsung Wave mempelopori penggunaan layar SuperAMOLED, desain tipis  dengan sebagian besar menggunakan bahan dari logam aluminium (bukan plastik), user interface super cepat dengan prosesor 1GHz, perekam video HD, Wi-Fi b/g/n ditambah dengan Bluetooth 3.0. Ponsel seperti yang merupakan terbaik dan penuh dengan inovasi pada masanya ini hanya dijual dengan harga beberapa juta saja. Samsung Wave merupakan salah satu pioner selama 2010 dan menciptakan patokan bagi ponsel lain untuk mengikuti jejaknya.


Sayang sekali produk "Masterpiece" ini tidak sampai beredar di Indonesia untuk versi resminya. Tapi untuk meneruskan kejayaan Wave yang pertama, Samsung telah meluncurkan Wave II untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan layar lebih besar, desain yang lebih mantap untuk dipandang maupun digenggam, kinerja yang lebih cepat dan fitur-fitur yang lebih kaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar