Selasa, 25 Januari 2011

Crusade Of Destiny, Full 3D RPG Pertama hadir di Samsung Apps


Crusade of Destiny adalah salah satu proyek game paling ambisius yang saya lihat untuk bada. Ini adalah RPG yang dirancang dalam dunia 3D yang luas. Sebuah intro yang bagus seakan memberi harapan bahwa ini mungkin sesuatu yang istimewa, sebuah era baru dalam game mobile.

Anda akan memulai petualangan di sebuah desa kecil di bagian dunia yang damai. Desa ini memiliki tiga rumah di mana salah satunya adalah milik Anda di mana Anda dapat tidur untuk mendapatkan kembali mana dan kesehatan, satunya gudang senjata dan yang terakhir terkunci. Tentang sistem upgrade, Anda dapat mengalokasikan poin Anda untuk keahlian melee, magic atau bow. Dalam Crusade of Destiny Anda mulai dengan menambahkan semua keahlian untuk melee karena Anda tidak punya magic di awal, dan tidak memiliki sarana untuk mampu membeli bow (busur).


Di gudang senjata Anda dapat membeli senjata baru. Ada sekitar tiga pedang, tiga busur dan potongan baju pelindung untuk setiap bagian tubuh yang ditawarkan di kisaran harga Anda. Anda dapat berjalan kaki ke desa lain untuk mendapatkan peralatan yang lebih mahal tapi akan jauh melampaui jumlah uang yang Anda miliki. Untuk mendapatkan uang Anda harus membunuh musuh, dan berharap mereka untuk menjatuhkan sesuatu yang berharga. Anda kemudian harus mengumpulkan itu dengan cara melewatinya. Hal ini kadang menjengkelkan karena kita harus menyerang musuh dari samping dengan magic atau bow hanya untuk bisa mengambil sesuatu dari musuh.

Banyak quests mengharuskan Anda untuk mencapai level tertentu untuk memulai petualangan berikutnya. Jika Anda menunjuk pada musuh, Anda dapat melihat level mereka. Musuh yang levelnya beberapa tingkat di bawah Anda akan mudah dikalahkan. Musuh pada level yang sama dengan Anda akan sulit dikalahkan, dan musuh yang levelnya diatas Anda akan hampir tidak mungkin untuk dikalahkan. Hal ini kadang benar-benar membosankan, karena Anda harus fokus dulu meningkatkan level dengan membunuh musuh yang levelnya setingkat atau dibawah Anda sebanyak-banyaknya terlebih dulu untuk meningkatkan. Bila Anda sudah dalam pertempuran akan sulit untuk menghindar. Memang bisa melarikan diri, tapi musuh akan mengikuti Anda. Dan saya merasa game ini kurang dinamis dalam menghadirkan musuh, formasi dan kemampuan mereka.


Beberapa aspek dari game ini dibuat dengan baik, seperti musik benar-benar bagus walupun untuk sound effect saya merasa masih standar. Pergantian siklus siang hari dan malam hari juga digambarkan dengan baik dan juga menentukan makhluk apa saja yang berkeliaran.

User Interface yang ditampilkan sebagian besar cukup baik, Anda dapat melihat tujuan Anda setiap saat. Kontrol sentuh juga bekerja dengan cukup baik, termasuk virtual joystick didalamnya. Dari sisi grafis mungkin ini yang pertama menggunakan skala 3D penuh. Anda dapat mengarahkan karakter Anda kemana saja dalam rotasi 3D seperti pada game-game yang terdapat di konsol yang sudah matang. Tapi sayangnya penggambarannya masih kasar, obyek terlihat kurang detil walaupun sudah menonjol dalam perspektif 3D yang sebenarnya.


Crusade of Destiny bagi saya terasa seperti game yang setengah jadi, mahal dan tidak fokus. Pengembangnya mungkin masih bingung tentang bagaimana sebuah RPG 3D harus dibangun tetapi tidak dilaksanakan dengan baik. Karakter Anda berjalan di sekitar pedesaan sendirian, semuanya terasa begitu gersang. Cerita tidak memiliki gairah, humor dan koneksi antara intro dan permainan yang sebenarnya. Semua perputaran dan rotasi 3D yang dihadirkan mungkin akan menyenangkan pada awalnya saja karena Anda akan merasa game ini benar-benar keren, tapi setelah terbiasa menjadi cukup membosankan.


Dengan harga 59 ribu rupiah jika Anda membelinya lewat Samsung Apps, menjadi terasa kemahalan. Saya salut game ini untuk menjadi sebuah proyek ambisius yang akan menjadi pelopor bagi lahirnya RPG 3D lainnya. Beberapa update di kemudian hari mungkin akan membuatnya menjadi lebih menyenangkan dan bersama pemotongan harga menjadi sekitar sepertiga dari harga sekarang yang diminta tentu akan menjadikannya lebih berharga untuk dimiliki.


.

2 komentar:

lyt mengatakan...

hai,,,mau tanya kamu beli dgn harga Rp59.000,00 itu pakai apa?
ditarik dr pulsa atau kartu kredit?

alfin mengatakan...

min mau nanya
kan di setiap jalan ada gua dan ada gua yg tersegel saya sudah menyelesaikan segel yg melawan laba2 raksasa trus cara dapetin segel yg kedua gimna min ??

Posting Komentar