Minggu, 12 Desember 2010

Tiki'Surf, Browser Alternatif untuk Smartphone bada


Aplikasi yang saya amati beberapa minggu ini terus-menerus diupdate adalah browser Tiki'Surf, sehingga saya beraumsi kalau pengembang aplikasi ini sangat serius dengan aplikasi buatannya. Dengan ukuran file yang kurang dari 1 MB, Tiki'Surf bisa menjadi alternatif untuk browser di smartphone bada. Walaupun saat ini, browser ini tidak mendukung teks reflow dan Adobe Flash, tetapi saya bisa meyakinkan Anda bahwa dalam beberapa jam penggunaan telah membuat saya melupakan keberadaan browser Dolfin bawaan ponsel.

Kesan pertama adalah browser ini sangat sederhana tetapi kinerjanya sangat baik dan sangat cepat terutama dalam membuka halaman situs dan navigasi web. Seperti versi terbaru Dolfin 2.2, Tiki'Surf juga menyajikan bar tetap dibagian bawah. Sayangnya, dalam mode lanskap ukuran bar ini hampir dua kali lipat dari ukuran bar pada Dolfin sehingga bisa menyebabkan beberapa ketidaknyamanan. akan tetapi untuk bar bagian atas dapat disembunyikan untuk menghemat ruang, dan tidak seperti Dolfin, bar ini akan tetap tersembunyi dan tidak akan muncul di setiap sentuhan.

Bar bawah, bersama dengan tombol panah mewakili navigasi (halaman sebelumnya dan halaman berikutnya), memiliki akses cepat ke folder favorit, dengan masing-masing 6 ruang yang tersedia. Lima folder pertama telah diisi secara preset berdasarkan kategori yang berbeda (news, social networking, entertainment dan 2 folder dengan kategori "misc.").

Dua tombol akses bar bawah yang terakhir adalah link langsung ke home screen (ikon rumah) dan tombol akses 3 titik yang merupakan tombol menu khas bada. Tombol akses yang terakhir ini, menunjuk kepada opsi pilihan untuk menambahkan bookmark, reload halaman atau berbagi ke facebook, twitter atau email.



Tiki'Surf bagi saya pribadi adalah sebuah alternatif untuk browser standar Dolfin dengan kinerja yang cepat dan user friendly. Saya merekomendasikan browser ini kepada siapa pun tidak sepenuhnya puas dengan Dolfin 2.0. Seandainya diupdate mendatang ditambahkan kemampuan menjalankan konten dari Adobe Flash akan menjadikan browser ini lebih sempurna lagi. Tapi bagi Anda yang masih setia dengan Dolfin Browser juga tidak ada salahnya, apalagi ada kabar bagus buat Anda. Di update OS bada 1.2 nanti juga akan membawa browser baru, yakni Dolfin browser 2.2 yang membawa kinerja dan optimalisasi fitur baru maupun yang sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar