Kamis, 16 Desember 2010

Dalam pengujian browser mobile terbaik, Dolfin menjadi yang tercepat


Hanya ada satu sumber informasi untuk melihat pangsa pasar mobile browser: StatCounter. Tapi inipun memiliki banyak keterbatasan: klasifikasi browser mereka kadang-kadang aneh, dan situs dimana mereka mengukur lalu lintasnya dipilih sendiri dengan cara berlangganan ke layanan tersebut. Namun, sayangnya tidak ada sumber data lainnya untuk bahan penelitian. Jika Anda tertarik, coba bandingkan statistik sharing lalu lintas data internet dari StatCounter dengan ke statistik shating penjualan yang dilaporkan oleh Gartner, Anda pasti akan menemukan banyak perbedaan.

Dominasi IPHONE

Jika Anda membandingkan statistik sharing lalu lintas dengan penjualan, Anda akan melihat bahwa Safari untuk pangsa pasar iOS sangat mendominasi lalu lintas data internet melalui perangkat mobile. Pesaing terdekatnya adalah Opera, terutama Opera Mini yang banyak digunakan oleh ponsel low-end

Ada dua alasan mengapa iPhone mendominasi: Pertama, iOS merupakan platform pertama yang diciptakan khusus untuk mobile web surfing. Akibatnya, orang-orang yang ingin berselancar di ponsel mereka memilih iPhone. Kedua, Apple memastikan bahwa mereka yang membeli iPhone akan mendapatkan tarif data flat (dengan kata lain unlimited) yang mendorong kegiatan selancar web oleh para penggunanya.

Tapi dengan meningkatnya popularitas OS lain yang juga mengutamakan fitur mobile web surfing, maka bisa dipastikan hari-hari dominasi iPhone mungkin akan segera berakhir, meskipun tidak ada yang bisa memprediksi seberapa cepat hal itu akan terjadi.

Browser mobile terbaik

Jadi siapa saja pesaing utama Safari browser untuk Browser Mobile Terbaik?

Peter-Paul Koch, seorang analis, konsultan dan trainer dari strategi platform mobile yang tinggal di Amsterdam, Belanda, serta telah mengkhususkan dirinya dalam bidang HTML , CSS, JavaScript, dan kompatibilitas browser telah menilai saat ini setidaknya ada empat browser mobile yang diberinya rating tertinggi:
  1. Safari browser untuk Apple iOS – browser mobile terbaik secara umum,
  2. Android WebKit untuk Google Android,
  3. Dolfin untuk Samsung bada - browser mobile tercepat sejauh ini,
  4. BlackBerry WebKit, browser default baru untuk OS6 dan versi OS yang lebih tinggi.(Saat ini hanya tersedia pada BlackBerry Torch.)

Keempat browser diatas mendukung touch events, yang sangat penting untuk setiap interface perangkat yang berbasis touchscreen agar bisa berjalan mulus. Juga, semuanya didasarkan pada WebKit rendering engine. Apple yang pertama menciptakannya, dan Google, Samsung, maupun RIM telah membuat titik awal untuk browser mereka sendiri. (Begitu juga Nokia, Palm, dan terakhir LG, walaupun hasil karya mereka masih belum sempurna.)

TIDAK ADA WEBKIT TERPADU PADA PONSEL

Namun, WebKit dan touch events tidak selamanya menjadikan sebuah browser yang sangat baik. Baru-baru ini, LG merilis Phantom, sebuah browser untuk ponsel low-end. Terlepas dari kenyataan bahwa itu berbasis WebKit dan mendukung touch events, tetapi pada prakteknya tidak cukup baik.

Ini menggarisbawahi aturan umum yang paling penting untuk pengembang web: Bahwa tidak ada WebKit pada ponsel. Dalam pengujian sembilan browser mobile berbasis WebKit, semuanya memiliki karakter yang berbeda. Dukungan Baseline CSS cukup baik, dan JavaScript bisa diterapkan. Namun masing-masing memiliki masalah dan poin keunggulan sendiri-sendiri.

Karena variabilitas ini, adalah penting untuk menguji situs web Anda dengan browser berbasis WebKit sebanyak yang Anda bisa. Jangan menganggap website Anda akan bekerja baik di browser Android atau BlackBerry yang berbasis WebKit hanya karena telah bekerja baik di Safari.

Browser Yang Bagus

Browser default di perangkat mobile yang menjalankan Apple iOS, Google Android, Samsung bada, dan RIM BlackBerry bisa disebut menduduki kelas tertinggi saat ini. Di bawah mereka adalah apa yang disebut kelas menengah: yaitu termasuk Opera Mobile, Palm WebKit untuk WebOS, dan MicroB, Gecko-based default browser untuk Nokia Maemo OS, yang akan segera digantikan oleh MeeGo.

Browser-browser ini tidak mendukung touch events, dan proses zooming yang bervariasi dalam setiap implementasinya. Dari sudut pandang CSS dan JavaScript murni, Anda akan menemukan beberapa masalah.

Dari ketiga browser untuk kelas menengah ini, Opera Mobile adalah yang paling penting, karena berfungsi sebagai browser default untuk banyak perangkat Windows Mobile yang lama dimana banyak vendor hardware berpendapat IE tidak cukup baik. Saat ini, Opera merupakan alternatif terbaik untuk Nokia WebKit pada perangkat Symbian, dimana browser default-nya sangat jauh dari sempurna, kalau tidak mau dikatakan tidak bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar