Laman

Minggu, 05 Februari 2012

Aplikasi Lifestyle Dianping.com memenangkan penghargaan Cross-Platform Application Award


Dianping.com baru-baru ini memenangkan Penghargaan Cross-Platform Application Award dalam kontes yang diselenggarakan tahun lalu oleh Samsung, dimana komite pemilihan untuk penghargaan telah berusaha untuk mengidentifikasi dan menghargai keunggulan dalam aplikasi untuk platform smartphone bada dan Smart TV. Dianping.com Mobile Client telah diakui untuk kinerja yang luar biasa pada platform bada. Selama tahun 2011, Dianping.com Mobile Client telah menerima lebih dari sepuluh penghargaan yang sangat dihormati di kategori mobile, termasuk "App Store List" dan "Baidu's Top 10 Most-Searched Portable Applications 2011".

Dalam dekade terakhir, gaya hidup konsumen di pasar China telah mengalami perkembangan pesat, namun potensi pertumbuhan yang lebih lanjut masih tetap besar, karena konsumen lokal terus menunjukkan permintaan yang kuat dan meningkatkan daya beli mereka. Menurut data untuk kuartal keempat tahun 2011, Dianping.com memiliki footprint yang mencakup lebih dari 2.300 kota di seluruh China dan juga member merchant lebih dari 1,5 juta dan 42 juta pengguna aktif. Di antara mereka, pengguna unik dari Mobile Client tumbuh sepuluh kali lipat menjadi lebih dari 18 juta, termasuk mahasiswa, pekerja kerah putih dan para eksekutif bisnis.

"Banyak orang di lingkaran saya telah menemukan tempat yang bagus untuk pergi dan menikmati diri mereka sendiri dengan mengakses Dianping.com pada ponsel mereka. Secara khusus, sebagai aplikasi yang bisa mengetahui lokasi mereka, mereka bisa mendapatkan informasi tentang merchant terdekat dan mengecek review dari pengguna sebelum membuat keputusan. Ini adalah aplikasi yang wajib dimiliki, terutama ketika dalam perjalanan bisnis atau sedang berada di tempat atau kota yang asing," kata seorang pengguna internet bernama Amy.

Bersama dengan tiga pemenang lainnya, Mircoblog, Taobao dan Weixin, pengunduhan aplikasi Dianping.com juga termasuk dalam daftar "Baidu's Top 10 Most-Searched Portable Applications 2011" yang diumumkan pada bulan Desember 2011, sehingga membuatnya sebagai satu-satunya aplikasi mobile yang fokus pada apa yang orang butuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Daftar itu dibuat berdasarkan pencarian yang dilakukan di Baidu oleh ratusan juta orang yang tinggal di China selama tahun 2011 dengan kriteria hanya melalui banyaknya pencarian kata kunci di Baidu bukan hasil seleksi oleh juri ahli atau melalui voting online, sehingga mencerminkan popularitas aplikasi lifestyle di antara ratusan juta pengguna. Melalui daftar aplikasi yang ada di toko aplikasi selama 2011 juga menunjukkan pengunduhan aplikasi Dianping.com, bersama dengan aplikasi dari Sina Weibo dan QQ, adalah yang paling sering ditemukan pada layar dari pengguna ponsel di Cina.

Long Wei, direktur dan wakil presiden senior dari Dianping.com, mengatakan, "Sina Weibo memenuhi aspirasi intelektual pengguna online, sementara Dianping.com didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, termasuk makan, minum dan hiburan. Teori Maslow menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan manusia yang paling dasar harus dipenuhi sebelum mengarah kepada keinginan individu, atau sebelum seseorang akan merasa termotivasi untuk naik ke tingkat kebutuhan menengah atau yang lebih tinggi. Seseorang membutuhkan makanan sebagai dasar untuk bertahan hidup, dan tiga kali sehari dianggap suatu keharusan. Setelah biasanya delapan jam kerja per-hari telah selesai, hiburan dan rekreasi adalah sesuatu yang orang butuhkan dan sebagai bagian dari eksistensi sehari-hari. Selain itu, mengambil bagian dari masakan China, dengan sejarah yang telah berlangsung selama 5.000 tahun, hanya sebuah bagian esensial dari kehidupan bagi orang China. Semua ini datang bersama-sama untuk membuat Dianping.com menjadi alat yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari."

Sebagai salah satu aplikasi mobile lifestyle paling populer di China, Dianping.com telah menjadi alat yang sangat diperlukan bagi konsumen dengan layanan yang komprehensif yang meliputi restoran, rekreasi, belanja, pernikahan dan banyak aspek lain dari kehidupan sehari-hari.


Elemen mendasar yang mendorong permintaan konsumen terletak pada kekuatan komparatif dari pembuat perangkat dan platform yang mendukung jaringan. Sebuah sinergi yang sempurna dari aplikasi terkenal dan vendor ponsel terkemuka plus platform yang mendukung tentu akan meningkatkan perkembangan mobile internet secara domestik. Dengan pengalaman yang kuat di segmen gaya hidup, dikombinasikan dengan tim yang bagus dan kekuatan merek, Dianping.com telah membuat produk mobile client yang lebih disukai untuk produsen ponsel merek ternama seperti Samsung.

Ketika membicarakan soal fungsi, informasi yang tersedia pada Dianping.com mobile client sepenuhnya sinkron dan hampir sama lengkapnya dengan informasi yang ada di situs resmi Dianping.com, dengan menawarkan berbagai informasi seputar kota di China yang berorientasi kepada konsumen, sedangkan untuk program, termasuk peta yang menunjukkan dengan tepat lokasi dari semua merchant, rekomendasi untuk tujuan terdekat, group-buying, yang masuk melalui ponsel pengguna, review dari semua layanan, dan download e-kupon, diakui sebagai fitur yang sangat diinginkan baik bagi konsumen dan pedagang lokal.

Dianping.com yang didirikan pada bulan April 2003 di Shanghai, China, secara luas telah diakui di seluruh industri mobile internet, menerima sejumlah penghargaan pada tahun 2011, termasuk "Aplikasi Inovatif Terbaik di Industri Mobile Internet untuk tahun 2011", "10 Aplikasi Internet Mobile Terbaik di 2011" dan "Layanan Software No.1 terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk tahun 2011". Tahun lalu, website Dianping.com telah menandatangani kemitraan dengan operator China Unicom untuk meluncurkan "Wo" Dianping, sebuah aplikasi khusus yang menggabungkan fitur unik dari seksi "Wo" yang tersedia pada semua ponsel China Unicom.

Industri analis mengatakan bahwa pasar untuk aplikasi lifestyle diharapkan akan mendapatkan traksi yang lebih besar pada tahun 2012. Pesatnya perkembangan sektor internet mobile di China dan permintaan yang semakin meningkat untuk aplikasi akan memfasilitasi peluncuran sejumlah besar aplikasi tersebut. Sebagai pemimpin yang telah beroperasi dalam segmen ini selama delapan tahun, Dianping.com sekarang benar-benar adalah pemimpin dengan jumlah pelanggan yang berkualitas tinggi, diimbangi dengan kualitas dari konten informasi dan merchant yang sudah masuk level superior, tentunya akan menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna. Akibatnya, masa depan akan terus terlihat cerah bagi Dianping.com, sebagai situs yang menyediakan layanan dan produk yang paling diinginkan oleh pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar